Kamis, 04 Desember 2014

Artikel Kota Surabaya

Hay guy's apa kabar, kali ini gua bakal ngebahas tentang kota gua nih hehehe.... itung-itung tugas dari pemkot yang nyuruh kita sebagai Sister City untuk buat presentasi tentang surabaya guy's, ah jadi ngelantur langsung aja yuk bahas.
Sebelum Pembahasan ini dia sedikit Snap shoot kota Surabaya


Tugu Surabaya
Tugu Bambu Runcing
Skate Dan BMX Surabaya
Tugu Surabaya & Skate, BMX
Jembatan Keren Suramadu
Jembatan Suramadu


Wah gimana perasaan kalian kawan? baguskan. Surabaya apa yang terlintas di pikiran kalian saat mendengar kata "SURABAYA", kalau saya sih pastinya saya akan berfikiran Kota Pahlawan. Kota Surabaya merupakan kota yang paling banyak menyimpan sejarah perjuangan melawan penjajah, lebih lengkapnya kita bahas di sejarah kota Surabaya :

     1. Sejarah Kota Surabaya

Ini Surabaya tempo dulu
Surabaya Tempo Dulu
Surabaya Tempo Dulu
Dahulu kota yang disebut-sebut kota Histories ini adalah gerbang utama kerajaan Majapahit, sekedar info kerajaan Majapahit adalah kerajaan terbesar di Pulau Jawa. Istilah Surabaya terdiri dari kata Sura(berani) dan Baya(bahaya), yang kemudian secara harfiah diartikan sebagai berani menghadapi bahaya yang datang. Nilai kepahlawanan tersebut salah satunya mewujud dalam peristiwa pertempuran antara Raden Wijaya dan pasukan Mongol pimpinan Kubilai Khan di tahun 1293. Begitu bersejarahnya pertempuran tersebut sehingga tanggal hari jadi kota Surabaya yaitu 31 Mei yang sebagaimana hari itu pasukan Mongol di gempur dan kalah sehingga diabadikan menjadi sejarah kota Surabaya.





     2. Kebudayaan Kota Surabaya

Menurut saya Surabaya adalah kota dengan segudang kebudayaan yang sangat bagus dan unik. Surabaya merupakan kota dengan banyak etnis dan memperkaya budaya kota Surabaya. Di kota ini ada beberapa macam suku, seperti : Melayu,Cina, India, Arab, dan Belanda. Oleh karena itu, Surabaya menjadi berbeda dengan kota lain di Indonesia. Bukan hanya itu seni tradisional dan makanan khas Surabaya  mewarnai kota Surabaya ini.

     A. Seni Tradisional Surabaya

Wayang wong
Seni Hidup di Surabaya, tumbuh dengan baik. Kesenian tradisional dan modern saling melengkapi untuk menciptakan berbagai seni Surabaya. Kesenian tradisional tumbuh karena sejarah kolonialisme yang dilestarikan hingga saat ini. kesenian tradisionalnya sangat beragam, ada seni tari, musik,teater, contohnya : Ludruk,Gending "Jula-Juli Suroboyo",Tari Remo,Roro Pangkon Upacara,Tari Lenggang Suroboyo dan Tari Hadrah, dan masih banyak lagi.
Remo
Tari Hadrah

Ludruk
     
Cak & Ning

     B. Festival Surabaya

DI Surabaya, pada setiap tahun Surabaya selalu mengadakan festival yang diselenggarakan oleh pemerintah, Contohnya :
  • Festival Layang-layang
  • Festival Makanan Surabaya
  • Festival Perahu Nelayan
  • Festival Panen Raya, dan banyak lagi.
Sejak tahun kira-kira 2011 pada bulan Juli telah diadakan Festival Tari Yosakai yang berasal dari Kochi Jepang. Festival ini merupakan bentuk hubungan kerjasama Surabaya dan Kochi. Sehingga menjadi agenda rutin kota Surabaya.
 Ini snap shootnya :
Festival Panen Raya

Festival Layang-Layang


Bu Risma, Festival Makanan 
Festival makanan 


Festival Perahu Nelayan
Tari Yosakai (Jepang)

     C. Makanan Khas Surabaya

Di Surabaya banyak makanan yang enak dan pastinya murah :
  • Lontong Balap
  • Semanggi Surabaya
  • Rujak Cingur
  • Lontong Kupang
  • Jongkong Surabaya, dan banyak lagi
Rujak Cingur
Lontong Balap


Lontong Kupang
Jongkong Surabaya

     3. Lingkungan Kota Surabaya

Ngomongin tentang lingkungan Surabaya mempunyai banyak taman lingkungan, yang dapat membawa nama Surabaya ke kaancah dunia lewat taman-taman tersebut. Surabaya dikenal dunia sebagai "Kota 1000 Taman".
  • Taman Bungkul
  • Taman Mundu
  • Taman Angsa
  • Taman Apsari 
  • Taman Prestasi
  • Taman Ekspresi
  • Taman Pelangi, dan masih banyak lagi
Snap shoot :
Taman Bungkul
Taman Apsari


Taman Pelangi


Taman Mundu

Taman Ekspresi
Taman Angsa

Nah, itulah Surabaya... jika kalian mempunyai rasa memiliki, ayo kita lestarikan bersama. Ini presentasi tentang artikel diatas, menggunakan bahasa inggris sih. Tapi kalian bisa translete kok Thank's Guy's

0 komentar:

Posting Komentar

Berpesanlah dengan sopan dan baik, Terima kasih