Minggu, 07 Desember 2014

Pagi kawan, gua mau berbagi tips cara belajar. Ini sih sedikit banyak gua udah lakukan, cara belajar itu sangat penting bagi kita yang ingin belajar lebih baik, karena dengan cara belajar yang baik kita juga tidak terlalu sulit untuk belajar dan mengingat semua pembelajaran, berikut tipsnya :

Ini Tipsnya
Sulit Belajar

   1.     Ciptakan suasana yang kondusif
     Saat kalian belajar, usahakan kalian menciptakan suasana kondusif, nyaman, dan tenang untuk belajar. Cara ini adalah cara terbaik dan ampuh, karena sesulit apapun materi yang ingin kalian pelajari, pasti akan bener-bener masuk ke otakmu dengan catatan kalian harus tenang dan nyaman. Hal itu juga tidak akan mengganggu konsentrasi kalian, kalau boleh saran sih... sebaiknya kalian belajar di luar ruangan seperti taman, halaman, dll. Karena dengan di luar ruangan kalian akan merasakan suasana yang fresh sehingga kita jadi tenang dan nyaman.

   2.     Lihatlah garis besarnya
     Cara belajar yang baik adalah cara belajar yang mendahulukan mencari garis besarnya terlebih dahulu. Kalian bisa cari garis besarnya di Subjudul, keterangan gambar dan ringkasan yang ada, jika terdapat bacaan yang panjang maka dahulukan membaca kalimat pertama dari paragrafnya.

   3.     Buatlah catatan intisari dari materi
     Cara belajar dengan meringkas intisari dari materi yang kalian pelajari. Hal ini akan sangat membantu kalian dalam mengingat materi tersebut karena kalian telah menulis dan meringkas intisari tersebut dengan menggunakan catatan-catatan kecil, itu juga mudah sekali  dibawa kemana-mana.

   4.     Latihlah kemampuan mengingat
     Agar lebih mudah untuk mengingatnya kalian bisa menggunakan kata-kata kunci (Mnemonics) dan singkatan-singkatan dengan kata-kata yang mudah diingat. Masih ingatkah kalian saat SD diajari cara mengingat warna-warna pelangi "MeJiKuHiBiNiU" dengan ini kalian akan mengingat hingga puluhan tahun.

   5.     Belajarlah dengan tekun & rutin
     Ini dia yang bagian menurut survey saya yang paling sulit dilakuakan yakni belajar dengan rutin. Terkadang kita menghabiskan waktu untuk hal-hal yang lebih menyenangkan daripada belajar, tapi ingatlah belajar tetap penting kita bisa membuat belajar menjadi suatu hal yang menyenangkan dan usahakan meluangkan waktu untuk belajar meskipun itu hanya 5 menit.

Terima kasih kawan semoga bermanfaat, dan tetap harus diingat belajar adalah hal terpenting kita untuk mencapai suatu keinginan dan jangan lupa kita harus berdo'a juga kepada tuhan.

0 komentar:

Posting Komentar

Berpesanlah dengan sopan dan baik, Terima kasih