Selasa, 02 Desember 2014

Gambar Rangkaian dan Prinsip Kerja 2 Motor Berurutan

Hay kawan, Selamat petang gua mau ngasih sedikit info buat kalian tentang rangkaian motor nyala berurutan dan mati berurutan atau 1-2 2-1. Maklum kawan ini tugas dan bahan ulangan gua besok, hehehe cus liat

Ini rangkaian kontrolnya

nah ini masih rangkaian pengendali dan indikatornya kawan, gua sedikit jelasin ya di rangkaian itu ada beberapa komponen seperti :
  1. Coil atau bisa kita sebut kontaktor
  2. Saklar Stop
  3. Saklar Start
  4. dan pastinya Lampu
Kita masuk ke rangkaian :
  1. Saat saklar utama yang diatas itu, dapat kalian ganti dengan simbol MCB, Saat saklar itu di hubungkan maka arus akan menyala yang membuat lampu pertama dari arah kiri akan menyala,  biasanya lampu tersebut berwarna merah.
  2. Dan saat Saklar Start 1 kita hubungkan maka Coil 1 (K1) akan bekerja dan membuat kontak-kontaknya bekerja, !Ingat cara kerja kontaktor saat dialiri arus.
  3. Setelah Coil 1(K1) bekerja maka Kontak-kontak yang semula NO menjadi Terhubung dan yang semula NC akan terputus, dan membuat lampu ke-2 menyala. Biasanya lampu ke-2 berwarna hijau,menandakan rangkaian telah bekerja.
  4. Saat Saklar Start 2 kita hubungkan cara kerjanya akan sama seperti saat Saklar Start 1 di hubungkan.
  5. Untuk mematikannya kalian harus menekan Saklar Stop 2 terlebih dahulu lalu kemudian Saklar Stop 1.
!Ingat kawan motor akan selalu bekerja dengan baik jika kalian merencanakan instalasinya dengan baik pula. Karena ini adalah motor berurutan Nyala dari 1-2 dan Mati dari 2-1, jika kalian ingin menekan tidak sesuai tersebut maka rangkaian tidak akan mati.
Sekian kawan besok disambung lagi.

0 komentar:

Posting Komentar

Berpesanlah dengan sopan dan baik, Terima kasih